RSS

Ragam Program Online Earning(1)

Ada banyak jenis program Online Earning yang dapat Anda ikuti untuk menghasilkan uang dari blog. Program online earning yang akan saya kali ini adalah

Pay Per Click (PPC)
Sesuai namanya, pay per click adalah program periklanan yang membayar komisi kepada anggotanya berdasarkan jumlah klik terhadap iklan yang dipasang di blog anggota tersebut. Nilai kliknya juga bervariasi. Kunci dari program PPC adalah trafik blog. Karena komisi hanya diberikan jika iklan diklik, maka blog yang mempunyai trafik tinggi yang mempunyai peluang lebih besar untuk diklik. Beberapa situs PPC yang paling banyak direkomendasikan blogger-blogger senior antara lain:

A. Google Adsense
Sempat menjadi fenomena di awal kemunculannya, kini Google Adsense tampaknya kian redup dengan semakin bervariasinya program online earning. Walaupun demikian, pionir iklan PPC berbasis relevansi ini masih menjadi idola di kalangan blogger. Hingga kini, belum ada yang bisa menyamai teknologi Google Adsense yang bisa menampilkan iklan-iklan yang relevan dengan content blog. Kelebihan Google Adsense yang lain adalah tidak mempedulikan trafik blog dan support systemnya dikelola dengan baik oleh Google. Dengan demikan, bagi blogger newbie sekalipun dapat memanfaatkan Google Adsense. Tetapi, ada kelebihan juga ada kekurangan, Google Adsense hanya berlaku untuk blog-blog berbahasa Inggris dan nilai komisi per klik Google Adsense terbilang kecil.

B. Bidvertiser
Situs ini merupakan saingan utama Google Adsense dalam memperebutkan iklan PPC. Bivertiser tidak mampu mengejar kesuksesan Google Adsense karena tidak dapat mempublikasikan iklan yang relevan dengan isi blog publishernya. Sama seperti Adsense, Bidvertiser juga tidak membeda-bedakan calon publishernya. Satu hal yang menjadi kelebihan Bidvertiser adalah minimum payout nya hanya $10 (hanya 10% dari minimum payout Adsense) dan blog tidak harus berbahasa Inggris.

C. KlikSaya
Situs ini adalah pelopor iklan PPC berbahasa Indonesia. Semua blog boleh mendaftar di KlikSaya dengan syarat jumlah trafik minimal 1000 kunjungan per bulan. Berbeda dengan situs-situs PPC luar negeri, KlikSaya menetapkan angka pasti untuk komisi per klik. Komisi minimal adalah Rp 150,00 per klik dan maksimal Rp 500,00 per klik untuk iklan berbasis teks.

D. Kumpul Blogger
Jangan terkecoh dengan namanya yang lebih mirip nama sebuah komunitas blogger. Kumpul blogger adalah jaringan iklan PPC lokal seperti halnya KlikSaya. Besar komisi per klik untuk iklan teks adalah Rp 300,00 dan iklan gambar Rp 700,00. Minimum payout hanya Rp 10.000,00 untuk rekening BCA dan Rp 50.000,00 untuk rekening Bank lain.

tags: Online earning, Ragam program online earning, Pay Per Click (PPC), Google Adsense.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 comments:

Post a Comment